PENDIDIKAN PANCASILA
PENDIDIKAN
RUSNILA
11/11/2025


Deskripsi Buku
Sesuai dengan tuntutan Kurikulum KKNI, dan peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012, tertuju kepada terwujudnya kemampuan dan iklim akademis yang meliputi prilaku/sikap dan psikomotor/keterampilan dengan didukung pengetahunan/kognitif, maka proses pembelajaran harus dirumuskan serta capaian pembelajaran harus terukur dan dioptimalkan. Dalam rangka itulah Buku Pendidikan Pancasila disusun untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi, sesuai dengan tuntutan kurikulum KKNI, sebagai rujukan utama dalam rangka mengembangkan pembelajaran Pendidikan Pancasila secara optimal. Hal ini sesuai dengan UU no. 12 tahun 2012 yaitu menjadikan manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, keberakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri.
Tujuan buku ini sebagai upaya untuk membekali mahasiswa tentang materi yang berkenaan dengan pengetahun, sikap dan perilaku serta keterampilan serta berpartisipasi dalam berbangsa dan bernegara. Selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan bidang keahlian sesuai dengan tuntutan zaman, bertanggung jawab, berdasarkan nilai Falsafah Bangsa Indonesia dan tata peraturan dan perundangan yang berlaku.
Tema yang disajikan adalah Konsep Dasar dan Tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dan Permasalahan Bangsa Indonesia, Makna Pancasila dalam Konsep, Prinsip dan Nilai, Pancasila sebagai Dasar Negara. Pancasila sebagai Ideologi Nasional Bangsa Indonesia. Pancasila sebagai Pandangan Hidup, Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa, Pancasila dan Pembukaan UUD 1945. Kedukan Pancasila dan UUD 1945 dalam Reformasi Pelaksanaan Pancasila. Pancasila sebagai Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. Dilengkapi dengan lampiran alur pembentukan mata kuliah yang merujuk pada SKL dan KKNI serta perumusan konseptual mata kuliah pancasila yang dapat mencapai capaian pembelajaran. Dan metode pembelajaran dan matriks kegiatan mata kuliah pendidikan pancasila.
