PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

PENDIDIKAN

Mahmud, Tedi Priatna

11/11/2025

Deskripsi Buku

Buku Pemikiran Pendidikan Islam yang ditulis oleh Mahmud dan Tedi Priatna (Bandung: Sahifa, 2005) memperlihatkan upaya sistematis dan mendalam dalam menjabarkan kerangka pemikiran pendidikan Islam secara holistik. Dengan pendekatan epistemologis dan ontologis, buku ini menyajikan pembahasan tentang konsep dasar pendidikan Islam — mulai dari makna “pemikiran” dalam konteks pendidikan hingga transformasi sistem pendidikan Islam sebagai sebuah kesatuan yang utuh.

Di dalamnya, penulis membedah elemen-elemen penting seperti tujuan pendidikan, peran pendidik dan peserta didik, kurikulum, metode, serta kelembagaan pendidikan Islam, sehingga pembaca memperoleh gambaran menyeluruh mengenai bagaimana pendidikan Islam dapat dijadikan sebuah sistem yang berkarakter Islami. ([Digilib UIN SGD][1]) Buku ini sangat relevan bagi mahasiswa program studi pendidikan agama Islam, dosen dan praktisi pendidikan yang ingin memahami landasan teoritis pendidikan Islam dari akar-pikir hingga implementasi. Dengan membaca karya ini, pembaca diharapkan menjadi pembelajar sepanjang hayat, menumbuhkan kesadaran bahwa pengembangan pendidikan Islam bukan sekadar transfer pengetahuan, melainkan juga pembentukan karakter, nilai dan sistem pendidikan yang berkelanjutan.